SELAMAT DATANG DI BLOG INI,SEMOGA AMAL ANDA BERBOBOT DI SISI ALLOH DENGANLANDASAN ILMU YANG HAQ

Rabu, 04 Agustus 2010

KELUAR SESUATU DARI QUBUL DAN DUBUR MEMBATALKAN WUDLU

bisnis syariah


-ASSALAMU ALAIKUM
Saudara2ku muslimiin,kadang-kadang kita belum tahu hukumnya sesuatu yang keluar dari dubur (anus)dan/atau qubul (penis atau vagina)itu hukumnya terhadap wudlu bagaimana?
dibawah ini ada nuqilan dari sebuah hadits yang menerangkan tentang itu:بسم لله الرحمن الرحيم
 باب: من لم ير الوضوء إلا من المخرجين: من القبل والدبر.

وقول الله تعالى: {أو جاء أحد منكم من الغائط} المائدة: 6.
وقال عطاء - فيمن يخرج من دبره الدود، أو من ذكره نحو القملة - يعيد الوضوء. وقال جابر بن عبد الله: إذا ضحك في الصلاة أعاد الصلاة ولم يعد الوضوء. وقال الحسن: إن أخذ من شعره وأظفاره، أو خلع خفيه فلا وضوء عليه. وقال أبو هريرة: لا وضوء إلا من حدث.
yang artinya:: bab ini menerangkan orang (ulama') yang berpendapat (berdasarkan kefaqihan ilmunya) tentang di antara pembatal wudlu' adalah keluarnya sesuatu dari qubul ataupun dubur   
Juga menurut firman Alloh dalam surat almaidah ayat:6
Dan berpendapatlah Ato':tentang orang yang keluar cacing dari duburnya atau semacam kutu yang keluar dari dzakarnya (penisnya ) maka hendaklah dia mengulangi wudlu nya (wudlunya batal.
Dan berkatalah Jabir bin Abdillah :Ketika seseorang tertawa dalam sholatnya maka hendaklah mengulangi sholat tersebut dan tidak perlu mengulangi wudlu (wudlunya tidak batal).
Berkata pula Hasan Albashri: jika seseorang memotong kuku atau rambutnya ataupun melepas 'uzahnya maka tidak perlu mengulangi wudlu'nya.
Sedangkan shohabat Abihuroiroh menandaskan bahwa : Tidak perlu mengulangi wudlu' kecuali berhadas
demikianlah sekelumit tulisan ini semoga menambah wawasan dalam beribadah.
Wassalam




Tidak ada komentar:

Posting Komentar